Thursday, February 23, 2006

Oven Roasted Turkey ala d'ez



Bahan :

1 (12 pound) turkey utuh
3/4 cup olive oil
3 sdm bawang putih cincang
2 sdt basil kering atau fresh juga boleh
1 sdt sage bubuk (nah bumbu ini yang khasnya turkey)
2 sdm garam
1/2 sdt merica hitam
1 cup kecap asin light
1 cup saos tomat
2 cups air

Panaskan oven 325'F atau 165'C.
Cuci dan bersihakan turkey, buang organ2 yang tidak disukai, letakkan di roasting pan yang ada tutupnya, atau bila tidak ada bisa digunakan alumunium foil saja.

Di mangkok, campurkan minyak, bawang putih, basil, sage, garam, merica hitam, kecap2 dan saos tomat. Dengan menggunakan "basting brush" ( sikat yang untuk mengoles mentega), olesi seluruh permukaan turkey baik luar maupun dalam berkali2 agar terserap sempurna.
Taruh air dibawah rak dari roasting pan, dan tutup atau tutuk dengan alumunium foil, agak alumunium foil tidak menempel pada turkeynya, tusuk sate kita bengkokkan tusuk sisi kanan kirinya sebagai penyangga agar alumuniumnya bisa menutup turkeynya tapi tidak menempel pada turkeynya.

Oven turkeynya selama 3 jam, keluarkan dan buka tutupnya, olesi lagi dengan olesan, siramkan ( basting) dengan cairan yang keluar didasar rak pannya sampai seluruh permukaan turkey tersiram rata, oven lagi 1 jam tanpa ditutup.

Keluarkan dari oven dan biarkan setengah jam agar turkey agak dingin baru dipotong2, soalnya panas banget bo'.....

Sisa cairan pada bagian bawah raknya bisa digunakan untuk gravynya.

Potong 4 bagian turkeynya, 1 bagian dihidangkan untuk porsi 6 orang, cukup memadai.

Kali ini penyajian turkeynya disuwir besar2, lebar2 dan disiapkan dalam piring dan akan disiramkan sausnya keatasnya. Lebih baik sebetulnya tipis melebar, tapi berhubung suamiku sukanya yang kecil2, kalau lebar2 gak mau makannya....jadi disuwir kasar aja....serasa buat soto dehhhhh....

Serba serbi memanggang turkey bisa di klik di Turkey Roasting Tips

0 Comments:

Post a Comment

<< Home