Saturday, February 25, 2006

Mapo Tofu ala d'ez


Mapo Tofu
Hari ini pengen makan tahu udah keubun2 deh, gak tau deh kalau abis baca artikel yang aneh2 tentang issue tahu koq malah jadinya pengen makan tahu, sama kasusnya kayak baso juga.

Mudah2an sih tahu yang dijual disini gak ada formalinnya, soalnya kalau disimpan diluar 1 hari aja udah langsung asem rasanya....moga moga deh....

Pengen juga bikin Chinese food yang agak unik dikit lagi. Biasa kalau Sechuan kan suka yang rada pedes2 gitu, mana sekarang udara masih dingin mana makannya pake hotplate gitulah,kan seru juga neh, ya sekali2 nyenengin tuan rumah.... ( wah buntutnya pasti ada maunya.)

Mapo Tofu ala d'ez

12 potong tahu keras yang sudah digoreng.
( bisa juga dipakai tahu kediri yang memang agak keras, kalau cukup sabar, bisa aja pake tahu biasa, yang direbus dulu di air garam sebentar,angkat tiriskan; tapi kalau saya sih pasti hancur, soalnya ngaduknya pake semangat 45.....)
3 sdm chilli black beans paste/ taoco hitam yang pedes
1 sdm bean paste/ taoco biasa
1 sdm kecap asin light
1 sdm saos tomat ( biar warnanya lebih merah dan ada kecut manisnya.)
gula, garam, merica
1 buah bawang besar dipotong memanjang
jahe 1 cm, diiris korek api tipis memanjang
1 sdm bawang putih cincang
1 sdm maizena dicairkan denga air 100 cc
750 cc kaldu
2 sdm daun spring onion atau prei kecil iris halus
1/2 kg cincang ayam.
2 sdm minyak masak

caranya :

tumis ayam cincang dengan air 100 cc, sampai airnya habis dan mengering.
panaskan wajan, tuangkan minyak dan tumis bawang putih, bawang besar, sampai harum, masukkan daging ayamnya aduk2, masukkan juga 2 macam taoco, kecap asin dan saos tomat, gula garam merica, dan air, dan masukkan tahunya, biarkan mendidih, kecilkan api, masak sampai bumbu meresap ditahu.
masukkan larutan maizena, aduk2 sampai mendidih lagi, matikan api, taburi bawang prei kecil aduk cepat dan tuang di hot plate yang sudah dipanaskan.
Sajikan panas2....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home