Saturday, February 04, 2006

Minggu ke 5, February 2006

Bosen wedang ronde, tapi cuaca dingin lagi, enaknya bikin wedang sekoteng aja deh.
Kebetulan masih punya kolang kaling dari pasar Cikini yang sudah dimaniskan, awet sih dalam lemari es bisa berbulan2 asalkan waktu bikin manisan ini nyuci kol kalnya bebas dari lendirnya.

Hidangan akhir minggu kayaknya malah banyak masakan baru deh....

Minggu ini mau masak yang seperti waktu dirumah Bu Oki, kebetulan waktu itu kami makan siang disana, wah menunya asyik punya, menu baru nih.....( tepatnya baru inget lagi kalau ini nih asyik punya). Kebetulan Bu Sarno Handoko, ibunda Oki kayaknya yang punya gawe, jadi sambil menikmati hidangan sambil juga tanya2, gimana buatnya menurut versi Ibunda.
Kan biasa tiap masakan bermacam versinya, tergantung selera si pemasaknya kan????
Nah sekarang nih disajikan dengan versi d'ez, bisa divariasikan tergantung yang masak, yang penting selera keluarga terpenuhi, that is the most important thing....
Tongseng Ayam ini sebetulnya gulai yang dimodifikasi, dan aslinya sih dari sate kambing yang sudah dibakar, lalu dimasak tongseng ini diberi kuah gulai dan kecap manis.
Kalau ayam ya kita bikin aja mirip sate lah, bisa dipakai daging ayam tanpa tulang atau yang pake tulang, kembali ke selera.Tapi tetap saja bila dipakai ayam bertulang kuah gulainya lebih gurih, jadi kalau mau yang boneless bisa saja kita gabung, sebagian yang bertulang sebagian yang boneless, jadi gurihnya kuah gulainya dapet, praktisnya menyantap ayam tanpa tulang pun terpenuhi.


Tahu telor, bisa saja disajikan tanpa sayuran, ataupun dengan sayuran, kuah tahu telor, ada beberapa macam versi, pake petis atau tidak, sah2 saja, semua terpulang keselera masing2.

tahu telor belum dikasih kuahnya.

Yang terakhir Gimbal Udang, salah satu menu gorengan yang merupakan salah satu andelan menu cateringan diBontang, padanan yang masuk aja ke hampir setiap sayur....

Ah aku jadi terkenang ama asistenku Naha, dia nih kalau bikin gimbal udang ini, bisa sampai 2 kg udang, tapi bisa sama warna matangnya udang, coklatnya pas semua, gak ada yang kurang coklat ataupun yang mati lampu....( maksudnya karena mati lampu jadi gak tau kalau udah coklat jadilah kalau lampu nyala kelihatan gosongnya....)

Menu lainnya :
Sop Campur
Iga Masak Pedas yang idenya diambil dari Karang Binaci masakan Madura.

masih minuman hangatnya : Sekoteng Jahe

0 Comments:

Post a Comment

<< Home